Thursday, January 19, 2012

Password yang aL4Y, eh aman!


mode adu sotoy is ON!

Pernah ngga bertanya-tanya, kenapa sih password yang aman itu sebaiknya mengandung huruf, angka, dan karakter special (*&^% dan kawan-kawan) ?

Ini pendapat gw pribadi, yang secara sotoy merasa benar :p, bahwa password yang mengikuti standar di atas adalah password yang sulit di hack.
Gambar dari sini
Kenapa?
Karena yang namanya password itu biasanya disimpan dalam bentuk enkripsinya (encrypted password). Enkripsi itu adalah proses mengacak data, metodenya ada macem-macem, salah satu yang sering dipake adalah MD5 (Cari aja di google, MD5 encrypter/decrypter udah banyak aplikasinya). Nah, untuk membacanya dalam bentuk aslinya, maka perlu di dekripsi (decryption).

Misalnya aja, password lo adalah “rahasia”, maka dalam bentuk enkripsinya jadi “ac43724f16e9241d990427ab7c8f4228”. Pusing ngga sih bacanya?! Tapi bacanya sebeneranya gampang, karena sekarang udah ada MD5 decrypter.

Yang namanya hacker, ada aja akalnya, dan kemungkinan besar mereka udah punya database kata-kata dalam programnya yang gw yakin semua kata dalam kamus udah dimasukin. Jadi kalo masukin “ac43724f16e9241d990427ab7c8f4228” ke dalam aplikasi MD5 Decrypter, bakal keluar deh tuh kata “rahasia”.

Jadi gimana dong supaya aman? Ya ikutin peraturan yang gw sebut di paragraf pertama tadi. Yang dengan kata lain bisa gw katakan, GUNAKAN BAHASA ALAY! Kalo password lo adalah “rahasia”, buatlah jadi “R4h@s!a”. Dijamin lebih aman!

PS: Tapi paling ngga udah ada satu MD5 decrypter yang bakal ngenalin kata “R4h@s!a” karena tadi gw udah coba encrypt dan hasilnya “717eb33085ec0a163382948ca30d3506”. Maap yoo, pilih aja password alay yang lain :p

PS2: Karena gw udah memakai kata-kata yang agak absurd kayak hack dan kawan-kawan, berikut ini pengertiannya yang gw ambil dari beberapa sumber.

Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus. Definisi lain tentang Enkripsi adalah proses mengacak data sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak lain. Sumbernya dari sini.
HACK - Menurut para pakar IT, definisi "Hack" bisa mengandung banyak artian. Tetapi inti dari semua definisi tetap hampir sama. Hack secara umum adalah pekerjaan yang hampir mustahil, mungkin menghabiskan banyak waktu dan pikiran tetapi dapat menghasilkan sesuai yang diinginkan. Interaksi dengan komputer dalam bermain dan bereksplorasi, serta dilakukan dengan sungguh-sungguh dengan ketelitian yang sangatlah tinggi. Sumbernya dari sini. HACKER - Definisi "Hacker" adalah seseorang atau sekelompok orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan, bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer seperti program komputer, administrasi, dan berbagai hal lainnya, terutama pada sistem keamanan. Seorang Hacker biasanya mempunyai pola pikir yang kuat dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan seputar logika dan analisa. Sumbernya dari sini.
Kalo alay? Hare gene ga tau alay?! Ke sini deh, ada pengertiannya :p

PS3: Gw punya analogi yang lebih gampang mengenail hack, hacker, enkripsi, dan dekripsi.

Misal, A mau mengirim kue bolu kukus ke B. Dia kirim pake jasa penitipan kilat, atau lewat kurir juga boleh deh. Nah, biar aman, si A membungkus kue itu pakai kotak kue, terus di selotip biar aman. Nah, kegiatan bungkus kue dan selotipnya itulah enkripsi. Dalam perjalanannya, kue itu dituker seseorang jadi lapis legit, atau malah lebih parahnya dimakan seseorang, Itu namanya di hack, dan seseorang itu adalah hacker. Namanya hacker biasanya kerjaannya rapi, maka bingkisan itu tetap dalam kotak berselotip meskipun isinya berubah/udah ngga ada. Ketika sampe di B, kotak dan selotip masih lengkap, maka si B membuka selotip dan kotak itu. Kegiatan si B disebut dekripsi.Gitu deh... Gampang kan?!

PS4: Ngomongin bolu kukus ama lapis legit jadi laper :p


2 comments:

Della said...

Hah? Gimana? Gimana? Si A bungkus selotip dalam kotak trus si B berubah jadi kue? Serem banget.. -______-

catumorli said...

kyknya kalo gitu mah bukan di hack deh, tapi di dukunin -__-'