Apa itu Internet of Things?


Beberapa waktu lalu aku pernah membahas mengenai Revolusi Industri 4.0 atau Era 4.0. dalam pembahasan itu, aku sedikit menyinggung mengenai Internet of Things atau yang biasa disingkat dengan IoT. Pada postingan kali ini, aku akan membahas sedikit mengenai Internet of Things (IoT).

https://www.course-net.com/internet-of-things-inovasi-internet-terbaru/

Mungkin istilah Internet of Things ini masih asing di telinga sebagian orang, tapi sebenarnya penggunaannya sendiri sudah berada di tengah-tengah kita. Kenapa? Karena Internet of Things adalah suatu teknologi yang luas, yang dapat di aplikasikan di banyak hal, baik di keseharian kita, maupun diluar keseharian kita.

Secara definisi, Internet of Things (IoT) merupakan teknologi yang memungkinkan benda-benda di sekitar kita terhubung ke jaringan internet (dikutip dari sini).

Contoh Internet of Things (IoT) yang berada di seputar kegiatan kita sehari-hari misalnya GPS. Apakah sekarang kalau mau bepergian, sebelum berangkat kalian mengecek dulu di aplikasi GPS di smartphone kalian, seperti gmaps atau waze, untuk mencari rute tercepat? Kalau aku, jawabannya iya. Ini adalah salah satu contoh IoT. Atau misalkan ketika kehilangan remote AC atau TV, sekarang tidak pusing lagi, langsung menuju ke playstore dan mencari remote AC atau TV yang cocok. Pernah begitu? Aku iya. Dan ini juga contoh IoT dalam kehidupan sehari-hari. Atau mungkin pernah melihat iklan smart living yang memungkinkan kita mengontrol perangkat di rumah kita seperti lampu, TV, pintu, alarm, melalui smartphone? Ini juga contoh IoT. (Beberapa contoh berasal dari sini)

Lalu bagaimana contoh IoT di luar kegiatan kita sehari-hari? Yaitu penerapan IoT dalam berbagai bidang, misalnya IoT dalam bidang pertanian, IoT dalam bidang kesehatan, konsep Smart City, dan masih banyak lagi. Tapi sejauh pengetahuanku, semuanya masih dalam tahap pengembangan, artinya masih sejauh prototype, konsep, ataupun trial. Namun jika dari segi perkembangan penerapan IoT dalam berbagai bidang ini berhasil, maka akan menjadi kemajuan pesat teknologi di Indonesia.

Mari sama-sama berharap kemajuan ini akan berhasil, karena Indonesia tidak hanya membutuhkan dana yang besar untuk perkembangan teknologi Internet of Things ini, tapi juga membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup memadai dan mendalami teknologi Internet of Things ini. Bukan hanya paham mengenai “kulit” IoT saja, alias hanya tahu garis besar saja, tapi juga perlu paham secara dalam teknologi IoT itu sendiri, sehingga kita bisa menghasilkan designer IoT, developer IoT, maupun engineer IoT yang mumpuni dalam bidangnya.

Untuk memfasilitasi hal tersebut, sudah sepatutnya terdapat laboratorium Internet of Things di universitas-universitas maupun perusahaan-perusahaan terkait. Salah satu Universitas yang memiliki laboratorium IoT adalah Institut Teknologi Bandung (ITB) yang bekerjasama dengan Indosat Ooredoo. (sumber: https://www.itb.ac.id/news/read/57024/home/itb-miliki-lab-iot-pengembangan-ekonomi-digital)

Sedangkan XL Axiata, dikutip dari CNN Indonesia, telah membangun laboratorium IoT yang dinamakan X-Camp, yang telah beroperasi sejak 14 November 2018.

 “X-Camp bekerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi demi memberikan pengembangan sumber daya manusia. Saat ini X-Camp menjalin kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Brawijaya Malang, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan menyusul beberapa universitas lainnya sebagai bagian program X-Camp Lab Alliance untuk bersama-sama membangun ekosistem IoT secara berkesinambungan. 

Perusahaan Jasa Marga pun kini membangun laboratorium IoT untuk menunjang proses bisnis perusahaan itu sendiri.

“Sebagai media pengembangan teknologi, nantinya Jasa Marga IoT akan mengembangkan beragam pelayanan digital seperti transaksi tol, keamanan, pengelolaan antisipasi kendaraan Over Dimention Over Load (ODOL), Augmented Reality, Traffic Monitoring System, Social Media Comment Center, dan lain sebagainya.” 

Oke sekian dulu, semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa itu Internet of Things?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel