Wednesday, March 22, 2006

Minta maaf

Sebuah penggalan kata dari suatu film india yang sedang ditonton asisten rumah tanggaku [Tapi aku ikutan nonton, hwehehehe..] : Meminta maaf tidak akan membuat seseorang lebih rendah ataupun lebih tinggi. Aku suka kalimat itu. Mengajarkan budaya minta maaf. Kalau diperhatikan, memang terkadang orang susah sekali meminta maaf. Kenapa ya? Padahal ngga ada salahnya lho. Coba aja bayangkan ketika ada seseorang yang menurut kita salah. Trus kita kesel. Eh, tiba-tiba dia minta maaf. Biasanya sih ya, reaksi normal kita langsung senyum, trus bilang ”iya, gapapa..” atau mungkin sok jual mahal dulu tapi sebenernya dalam hati udah maafin. Tapi coba bayangin deh, sewajarnya sih ada perasaan lega di hati kita. Jadi, kenapa harus malu meminta maaf kalau ternyata itu bisa membuat perasaan seseorang lega?

Bukan cuma itu, masih ada lagi yang perlu dibudidayakan [Budi? Daya? Siapa tuh? Hehehe.. Abaikan saja komen-komen di balik tanda kurung ini..Ga meaning!] yaitu terimakasih dan tolong.

Ketika kita memberi, sudah sewajarnya kita tidak mengharapkan apapun, namun dengan kata terimakasih dari orang yang kita beri, rasanya menyenangkan. Ada rasa puas disana. Merasa berguna. Jadi, kenapa harus malu berterimakasih kalau kita bisa membuat orang merasa berguna?

Ketika kita meminta sesuatu, penambahan kata tolong sudah sewajarnya akan membuat orang dengan senang hati membantu kita, tidak merasa diperintah, tidak merasa ditindas, tidak menyinggung perasaan orang yang kita mintai tolong. Kalau kita bisa membuat orang yang kita mintai tolong tidak merasa keberatan dan tidak merasa lebih rendah dari kita, apa salahnya?

Jadi, aku meminta maaf atas segala perbuatan salah yang pernah kubuat.
Aku berterimakasih atas segala yang pernah kuterima.
Dan aku minta tolong, beri comments donk….! [Loh?!?]

Mari kita budayakan minta maaf, terimakasih, dan tolong.
C u around...

4 comments:

oNyay said...

terima kasih atas postingan lo.
maaf gw gak bisa comment apa2.
tolong comment gw ini jangan dihapus.

*numpang nyampah dan berlalu*

gadis keempat said...

Hahaha..
Terimakasih nyay atas commentnya..
Maaf sudah membuat lo bingung harus memberi comment apa
Tolong buang sampah jangan sembarangan :p

*Engkau sdh membuatku lega, berguna, dan tidak merasa lebih rendah dr lo, hahaha..

betz said...

Du, abis nonton KABHI KUSHI KABHI GHAM ya?? Hahahaha... dr kata2 "minta maaf" aja gw ud lgsg tau. Gw ud lulus tuh nonton film itu. Maaf Du, gw ga bs dibohongi soal film India itu...*wuakakakak*

gadis keempat said...

wah ketauan betsy demenannya india, pantes suka bengong kalo liat tiang ;p