Apa yang dimaksud dengan revolusi industry 4.0?


Dengan dunia teknologi yang semakin maju, kita semakin sering mendengar istilah revolusi industri 4.0, baik dari pihak pemerintah, media sosial, dan dunia teknologi itu sendiri. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan revolusi industri 4.0 atau Era 4.0?

Revolusi industri 4.0 atau revolusi industri keempat adalah bagaimana teknologi seperti kecerdasan buatan, kendaraan otonom, dan internet saling memengaruhi kehidupan manusia. (sumber: https://www.youtube.com/watch?v=XENMOfD-mLs)

https://www.youtube.com/watch?v=XENMOfD-mLs

Lalu jika teknologi masa kini disebut revolusi industri ke empat, maka apa saja tahapan revolusi industri sebelumnya, revolusi industri pertama sampai revolusi industri ketiga?

Dikutip dari video CNBC Indonesia, revolusi industri pertama dimulai pada abad ke 18 dengan adanya penemuan mesin uap dan mesin manufaktur. Revolusi industri kedua pada abad ke 19, ditandai dengan adanya produksi massal, mesin listrik, dan standarisasi industri. Revolusi industri ketiga ditandai dengan adanya computer dan teknologi informasi pada abad ke 20.


https://nasional.sindonews.com/read/1439542/16/revolusi-industri-40-ancaman-dan-peluang-1568407320


Kini kita berada pada era revolusi industri keempat. Lalu bagaimana aplikasinya dalam kehidupan sekarang ini? Kita bisa melihatnya pada berbagai perusahaan yang menggunakan automasi, kecerdasan buatan, dan robot yang mulai menggantikan posisi manusia. Penggunaan mesin ini juga bertujuan meningkatkan produktivitas dan meminimalisasi kesalahan.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4132516/siapkah-indonesia-hadapi-revolusi-industri-40

Dengan adanya revolusi industri keempat ini, tantangan bagi masyarakat yang berada dalam usia produktif semakin tinggi. Siapkah menghadapi revolusi industry 4.0 ini? Sebab kemampuan beradaptasi dan berinteraksi dengan teknologi akan semakin dibutuhkan, karena itu pengalaman dan pengetahuan mengenai teknologi juga harus berbanding lurus dengan kemajuan teknologi itu sendiri.
Selain di perusahaan-perusahaan, di bidang pemerintahan juga sudah mulai memasuki revolusi industri 4.0 ini, seperti dimulainya pengembangan Internet of Things, Smart City.

Apa itu Internet of Things? Istilah ini juga sudah mulai tidak asing di telinga kita kan? Pembahasan mengenai Internet of Things insya Allah akan aku bahas di blog selanjutnya. Sekarang sekian dulu, semoga bermanfaat.



0 Response to "Apa yang dimaksud dengan revolusi industry 4.0?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel