Wednesday, August 29, 2012

Day-13: Focused mind

Beberapa waktu yang lalu, di kantorku ada training gratisan, yaitu training online alias e-learning yang berjudul "Focused Mind". Training ini wajib bagi seluruh pegawainya. Mungkin pihak management khawatir dengan tingkat fokus yang dimiliki pegawainya. Mengapa? Sebab, dengan teknologi seperti sekarang ini, sering sekali kita melakukan banyak hal bersamaan, alias multitasking, sehingga kita tidak bisa fokus terhadap satu hal. Contohnya saja, bekerja sambil facebook-an, sambil twitter-an, sambil blogging, sambil browsing, sambil chatting, dan sebagainya. Hal seperti ini mengurangi tingkat fokus kita terhadap satu hal, dan bukan tidak mungkin menurunkan tingkat efisiensi bekerja kita dan pada akhirnya akan merugikan perusahaan.

Mungkin itu sebabnya pihak management meminta seluruh karyawannya untuk mengikuti training ini. Ada satu hal bagus yang dicontohkan di training ini dan cukup menempel di kepalaku, dia mengeluarkan satu soal penjumlahan, aku lupa berapa persis angkanya, misalkan, "berapa 37+25?" Lalu dia mengatakan yang kurang lebih artinya, "tidak mungkin anda bisa menjawab jika anda tidak fokus". Memang iya sih, saat dia bertanya itu, aku berhenti melakukan hal lain dan fokus terhadap satu pertanyaan itu.

Jadi bagaimana supaya kita bisa memperyajam fokus kita? Apakah dengan belajar soal penjumlahan atau soal matematika lain? Hmm, mungkin itu bisa membantu, tapi bukan itu maksudku di sini. Maksudku adalah, mungkin, untuk manusia yang pada jaman sekarang yang sudah terbiasa multitaksing, ada baiknya kembali belajar singletasking untuk kembali mempertajam fokus.

0 comments: