Pengalaman Mengikuti Sertifikasi Professional Scrum Master I (PSM I)


Ketika mulai bergelut di bidang project management, istilah-istilah seperti Waterfall, Agile, Hybrid mulai terasa familiar di telinga. Dan salah satu hal yang melekat erat dengan Agile adalah Scrum. Kali ini aku bukan ingin membahas mengenai pengertian Waterfall, Agile, Hybrid, dan Scrum, tetap aku ingin berbagi pengalaman mengenai beberapa tips dan trik untuk persiapan sampai hari H mengambil Sertifikasi Professional Scrum Master I (PSM I).

 

Mengapa Professional Scrum Master I (PSM I)?

Salah satu alasan mengapa aku mengambil sertifikasi scrum ini adalah karena ketika masih mencari pekerjaan, banyak di antara HRD maupun agen rekrutmen yang menanyakan apakah aku memiliki pengalaman dengan Agile atau memiliki sertifikat Scrum Master.

Setelah itu aku mulai mencari tahu mengenai sertifikasi scrum, salah satunya adalah Professional Scrum Master I (PSM I). Sertifikasi ini berada langsung di bawah https://www.scrum.org/, dengan biaya sebesar $150 untuk satu kali percobaan ujian (Efektif per 1 November 2023 biaya sertifikasi ini akan naik menjadi $200). Biaya ini hanya biaya ujian, tanpa course/training.

Dibanding pilihan sertifikasi scrum lainnya, Professional Scrum Master I (PSM I) masih terbilang lebih murah dan tidak ada expiry date untuk sertifikatnya. Itulah alasan mengapa aku memilih Professional Scrum Master I (PSM I).

Untuk bisa lulus sertifikasi Professional Scrum Master I (PSM I) minimal score-nya adalah 85%. Ujiannya terdiri dari 80 soal dengan format Multiple Choice, Multiple Answer, True/False dengan waktu yang diberikan adalah 60 menit.

 


Bagaimana Cara Mendaftar Ujian Professional Scrum Master I (PSM I)?

Cara pendaftarannya adalah dengan membeli langsung dari website https://www.scrum.org/, pilih bagian “Certification”, kemudian pilih “Professional Scrum Master I”, lalu klik “Buy”. Kemudian lakukan proses pembayaran dan password untuk ujian akan dikirimkan melalui email. Password ujian scrum ini tidak ada kadaluarsanya, tetapi hanya bisa untuk satu kali coba.

Selain membeli biaya ujian sertifikasi Professional Scrum Master I, kita juga tetap perlu untuk membuat akun di website scrum.org, karena untuk memulai ujian kita perlu login terlebih dahulu. Pastikan nama yang terdaftar adalah nama yang kita inginkan untuk tertulis di sertifikat.

Tips dan Trik Lulus Ujian Sertifikasi Professional Scrum Master I (PSM I)

Untuk mengambil sertifikasi scrum bagi yang masih bekerja, tentu tidak mudah untuk membagi waktu karena perlu belajar di sela-sela kesibukan kantor. Meskipun ujian sertifikasi Professional Scrum Master I (PSM I) bersifat open book, tetap saja ada persiapan yang perlu kita lakukan agar kesempatan kita lulus semakin tinggi.

Berikut ini adalah tips dan trik yang aku lakukan sebelum akhirnya memberanikan diri untuk mengambil ujian sertifikasi Professional Scrum Master I (PSM I):

1.    Download Scrum Guide di website scrum.org https://www.scrum.org/resources/scrum-guide. Versi yang terakhir aku gunakan adalah Scrum Guide 2020. Baca Scrum Guide ini dan buatlah catatan agar lebih paham mengenai istilah-istilah yang dipakai dalam scrum dan juga konsep scrum.

2.   Ambil practice exams dari Udemy, yang aku ambil adalah Professional Scrum Master 1 (PSM 1) - Practice Exams – 2023. Bukan training atau preparation exam yang dijelaskan oleh trainer ya, tapi simulasi ujian scrum, biasanya ada beberapa latihan exam dalam satu paket ini. Coba berkali-kali sampai semua latihan lulus dengan score di atas 85%. Tunggu harga promo supaya lebih murah, hahaha.

3.   Kalau ada budget lebih bisa register di examtopics, tapi kalau tidak juga tidak apa-apa, karena kumpulan soal examtopics kurang lebih sama dengan yang ada di Udemy, hanya saja yang di examtopics bisa di download dalam bentuk pdf. Perhatikan jawaban dari examtopics dan discussionnya, terkadang berbeda jawabannya, cari tahu mana kira-kira jawaban yang tepat. 

4.       Review pertanyaan yang seringkali salah, dan jangan terima begitu saja kunci jawaban dari Udemy maupun examtopics. Tetap pikirkan dan yakinkan diri kita mana jawaban yang benar, karena bagaimana pun yang membuat kunci jawaban adalah manusia dan bisa salah.

5.       Perhatikan waktu ujian. Aku mengambil waktu pagi, ketika pikiran terasa masih fresh. Dan jangan lupa tes koneksi internet apakah lancar, sekedar buka beberapa website saja, kalau cepat terbuka berarti aman.

6.       Jika merasa sudah siap, maka mulai ujian, jangan lupa berdoa semoga lulus. Kerjakan dengan fokus, tenang, dan jika masih ada sisa waktu sebaiknya review kembali semua soal. Finish test ketika waktu masih tersisa kira-kira 10 menit, jadi tidak terlalu mepet.

Dengan cara ini dan juga doa yang kuat semoga lulus, Alhamdulillah aku berhasil lulus dengan passing score yang cukup memuaskan yaitu 98.8%. Semoga apa yang aku tulis ini bermanfaat dan kalian yang mau ambil sertifikasi scrum Professional Scrum Master I lulus juga ya.

0 Response to "Pengalaman Mengikuti Sertifikasi Professional Scrum Master I (PSM I)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel