Tuesday, August 28, 2012

Day-12: Lapisan surga dan neraka

Hari ini aku akan berbagi mengenai sedikit hal yang kudapat dari pengajian kemarin. Di cluster tempatku tinggal, ada pengajian bulanan, pembicaranya kemarin ustad Ihsan Tanjung. Aku datang ke pengajian itu tidak tepat waktu dan ketika aku datang, yang sedang dibahas adalah mengenai Dajjal dan Imam Mahdi. 

Mungkin akan terlalu panjang jika aku menceritakan mengenai kemunculan Dajjal dan Imam Mahdi sekarang. Semoga bisa berbagi di lain waktu, mungkin bukan berbagi tapi sekedar mengingatkan. Sebab, aku yakin banyak yang sudah tahu mengenai mereka, atau yang belum tahu bisa google. Yang ingin aku bicarakan justru mengenai lapisan yang menutupi surga dan neraka.

Yang disampaikan oleh pak ustadz kurang lebih begini (semoga aku tidak melebih-lebihkan atau mengurangkan):

Setelah Allah menciptakan surga, dikatakanlah kepada malaikat jibril, "Wahai Jibril, coba kau tengok surga yang telah Ku buat, dan katakan apa yang kau lihat."

Setelah Jibril melihatnya, dia kembali pada Allah dan berkata, "Ya Allah, demi kemuliaan-Mu, tidak akan ada manusia yang tidak ingin memasuki surga-Mu."

Setelah itu Allah SWT menciptakan lapisannya, kemudian Allah berkata lagi pada malaikat Jibril, "wahai Jibril, coba kau tengok surga itu lagi sekarang, dan katakan apa yang kau lihat."

Lalu Jibril berkata, "Ya Allah, demi kemuliaan-Mu, aku khawatir tidak akan ada manusia yang ingin memasuki surga-Mu."

Mengapa Jibril bisa berkata begitu? Sebab Allah menutupinya dengan hal-hal yang menurut manusia tidak mengenakkan, tidak menyenangkan, tidak memuaskan, tidak bebas, dan sebagainya. Padahal di balik itu ada surga.

Lalu Allah menciptakan neraka dan kembali meminta malaikat Jibril untuk melihatnya, dan Jibril berkata,"Ya Allah, demi kemuliaanmu, tidak akan ada manusia yang ingin memasuki neraka-Mu." Kemudian Allah menutupi neraka dengan lapisan dan kembali meminta Jibril untuk melihatnya. Lalu apa kata malaikat Jibril? "Ya Allah, demi kemuliaan-Mu, aku khawatir tidak akan ada manusia yang tersisa kecuali semua memasuki neraka-Mu."

Mengapa malaikat Jibril bisa berkata begitu, sebab dia melihat bahwa lapisan yang menutupi neraka adalah keinginan manusia, human desire. Semua yang terlihat menyenangkan, memuaskan, bebas, ada di sana. Makanya kata pak ustadz kemarin, salah satu kalimat yang diucapkan adalah jika Dajjal muncul nanti, ingatlah, yakinlah untuk memilih nerakanya, sebab, nerakanya Dajjal adalah surga bagi manusia.

Sekian dulu, semoga bermanfaat.
Wallahu a'lam.

1 comments:

nalanda catumorli said...

Nah loh.. ini postingan tahun jebot kenapa bisa nyangsang hari ini???