Friday, March 11, 2016

Siapa pencipta shower?

Kalau dulu di dalam kamar mandi masih menggunakan bak atau ember dengan gayung, di jaman sekarang kebanyakan kamar mandi sudah menggunakan shower. Penggunaan shower yang menetes seperti air hujan diharapkan bisa lebih efisien dibanding menggunakan bak dengan gayung, apalagi bathub. Tapi siapakah sesungguhnya pencipta shower?

Kaum yunani kuno diyakini sebagai orang-orang yang pertama kali menciptakan shower. Saluran air yang mereka miliki memungkinkan air dipompa sehingga mengeluarkan air seperti pada shower.

Shower mekanik pertama yang dioperasikan oleh pompa tangan, telah dipatenkan di Inggris pada tahun 1767 oleh William Feetham, pembuat kompor dari Ludgate Hill London. Shower ini menggunakan pompa untuk membuat air naik ke atas kepala, kemudian si pengguna akan menarik sebuah rantai untuk membuat shower bekerja. Bagaimanapun, sistem ini masih memiliki beberapa kelemahan, antara lain belum memiliki sistem air panas dan juga  sistem ini akan mendaur ulang air kotor yang sama melalui setiap siklus.

Shower modern pertama kali dipasang di barak tentara Perancis pada 1870-an di bawah bimbingan Fran├žois Merry Delabost, seorang dokter Prancis dan penemu. Shower yang diciptakan adalah communal shower, yaitu beberapa shower yang terhubung dan bekerja sekaligus sehingga dapat dipakai untuk beberapa orang, dengan alasan lebih efisien dan higienis.

Shower tipe ini menggunakan mesin uap untuk memanaskan air dalam waktu kurang dari lima menit, hingga delapan tahanan bisa mandi secara bersamaan dengan hanya dua puluh liter air. Sistem ini kemudian diadopsi oleh tentara lainnya, yang pertama adalah Prussia pada tahun 1879. Kemudian diadopsi oleh asrama, sebelum dipasang di tempat pemandian umum. Shower pertama di pemandian umum adalah pada tahun 1887 di Wina, Austria. Di Perancis, pemandian umum dan shower didirikan oleh Charles Cazalet, pertama di Bordeaux pada tahun 1893 dan kemudian di Paris pada 1899.

Itulah sekilas tentang shower, dengan terjemahan bebas. Kalau mau tahu lebih lengkapnya bisa di baca di sini.


0 comments: