Tuesday, July 09, 2013

My First Photoshop


Gara-gara dikomporin sama kakak gw buat foto-foto pakai mode macro, akhirnya gw pun berhasil dikompori dan mencoba.

ngga jelas banget masa modelnya tempat kamera ama gunting?
Akhirnya menemukan model yang lebih "ber-harga", blackberry gw dan kakak gw :p

Sejak dulu, dalam bayangan gw, mode macro itu cuma dipake buat foto bunga, lebah, dan lain-lain yang berhubungan dengan tanaman dan serangga. Ternyata kata kakak gw sekarang banyak yang pakai itu terutama untuk makanan. Dan kata dia lagi, biasanya blogger yang doyan masak dan sharing resep atau hasilnya di blognya, terjerumus pula dalam kecintaan foto-foto makanan (apa sih istilahnya? Gw lupa....)

Nah dari hasil-hasil foto macro gw ini, gw bingung dan bertanya sama kakak gw, “kok hasilnya ngga se-keren yang foto-foto makanan itu ya?” Trus kata dia kurang lebih begini, “ya iyalah, itu kan di sotoshop photoshop dulu.

Hmm, Photoshop.... dalam bayangan gw, Photoshop itu susah. Kenapa? Inilah salah satu “penyakit” gw, ngga pernah mau buka manual ataupun tutorial book, alasannya cuma satu: males bacanya. Tiap kali ada barang baru atau software baru, bawaan gw mau langsung trial and error

Dan satu-satunya yang gw sama sekali ngga mudeng begitu buka softwarenya adalah Photoshop. Itu terjadi bertahun-tahun lalu dan menimbulkan sedikit “trauma”. Bertahun-tahun pula gw ngga pernah mau pake yang namanya Photoshop. Tiap kali ada perlu ngedit foto, gw akan memilih aplikasi lain yang menurut gw lebih mudah.

Tapi begitu inget sekarang udah banyak sekali informasi di “adek” google (soalnya umur google baru 13 tahun, beda tipis sama gw :p), maka gw pun mencari informasi mengenai cara membuat background blur pada photoshop. 

Syuut! Secepat kilat hasilnya muncul dan gw pun membuka beberapa alamat para blogger indonesia yang membuat tema tentang ini. Hampir semuanya menggunakan metode yang sama, tapi pada akhirnya pilihan gw jatuh pada yang ini, soalnya menurut gw bahasanya paling simpel.

Ok, segitu aja sharing gw hari ini. Semoga bermanfaat.

Oh iya, the most important thing malah lupa :p ini dia hasil photoshop pertama gw, mengikuti langkah-langkah di link tadi :D

keliatan kan hasil editannya?

0 comments: