Sunday, July 07, 2013

Edu-Holiday

Masih soal liburan, kali ini gw mau berbagi cerita tentang edu-holiday. Apa itu edu-holiday? Itu sih singkatan suka-suka gw aja hahaha, maksudnya liburan yang mengandung pelajaran gitu, ngga cuma senang-senang aja. Seperti yang gw ceritain sebelumnya, keluarga kecil gw ini lebih suka berlibur sebelum masa liburan. Maka ketika liburan sekolah datang, cukup berlibur ke tempat-tempat yang deket aja :)

Pilihan liburan kali ini jatuh kepada planetarium dan seaworld. See? Sekarang ngerti kan kenapa gw sebut edu-holiday ;)

Neng, nyengirnya lebar amat, kayak siapa ya? Hihi....
Boss besar :p
Planetarium. Terakhir kali gw ke sini adalah ketika masih TK atau SD gitu, bahkan gw pun udah lupa kapan, saking lamanya. Tapi sensasi yang ditimbulkan oleh planetarium masih teringat jelas di kepala ini. Gelapnya ruangan dan terangnya bintang-bintang yang kemudian menjelma menjadi rasi bintang, masih lengket di memori otak, meskipun cerita detailnya udah samar-samar. Sensasi inilah yang membuat gw pengen membawa anak gw ke sana dan berharap dia punya sensasi sendiri, semakin bertambah ilmunya, dan semakin menyadari kebesaran Allah dan bahwa manusia itu kecil dan ngga ada apa-apanya.

Sebelum mulai cerita, ada informasi penting! Datanglah ke planetarium satu jam sebelum jadwal pertunjukan. Karena pada saat itu, loket tiket sudah dibuka, dan sekitar 15 menit sebelum mulai pertunjukan, tiket sudah habis terjual. Di atas dinding dekat loket ada alat digital yang menunjukkan berapa sisa kursi yang masih tersedia untuk pertunjukan jam tersebut, alatnya mirip-mirip nomor antrian di bank atau kantor customer service gitu lah.

Setelah pertunjukan
Kami datang sekitar jam 14.15 untuk pertunjukan jam 15.00. Alhamdulillah sisa kursi masih banyak dan antrian tiket ngga terlalu panjang. Tiketnya termasuk sangat terjangkau kalau menurut gw, 7000 rupiah untuk dewasa dan 3500 rupiah untuk anak-anak. Oh iya, satu lagi yang perlu diperhatikan, jadwal untuk perorangan/umum dan rombongan dibedakan, jadi jangan salah jadwal :)

Kayak adek kakak ngga?
Ketika memasuki planetarium, rasanya penampilannya sudah lebih mewah dari yang terakhir gw ingat, kursi dan penataannya seperti bioskop. Atau jangan-jangan dulu gw datangnya telat jadi dapat kursi biasa ya? Isi yang diceritakan juga kayaknya masih sama dengan yang dulu, ya iya lah ya.. planet-planetnya kan ngga berubah :p kecuali Pluto yang sudah dicoret dari daftar nama planet. Hihi, untung gw udah tau informasi ini duluan jadi ngga norak-norak amat ketika tahu kalau Pluto sudah tidak dimasukkan dalam daftar planet. 

Tapi alasannya baru gw tahu di planetarium ini, jadi ternyata jalur perjalanan si Pluto dalam mengitari matahari (apa sih namanya? Orbit ya?) itu kadang-kadang memotong Neptunus alias di depan Neptunus, dan kadang-kadang di belakang Neptunus, sedangkan kalau planet itu orbitnya tetap. Karena itu Pluto sekarang dimasukkan dalam kelompok asteroid.

Kayak tangga ya xixi....
Alhamdulillah, Mira bersemangat banget mau “ke ruang angkasa” lihat bintang-bintang. Cuma di dalam, pas sebelum mulai acara, dipasang musik kenceng banget, dan pas misk-musik bali gitu mira jadi ketakutan dan minta dipangku. Ditambah, sesaat sebelum mulai acara, lampu dimatiin jadi gelap banget. Alhasil Mira dipangku selama pertunjukan :D








 Seaworld. Ini juga tempat yang gw udah lama ngga kunjungi. Untuk perjalanan ini idenya datang dari suami (tumben, hihihi....). Mira semangat banget karena mau melihat ikan hiu besar.
Mobil aquarium, dari mobil tua beneran
Ada hiu di seaworld.. ok.. tapi kok ada buaya?

Penampilan seaworld masih begitu-begitu aja rasanya. Di sini kami cuma melihat-lihat, kemudian menonton aksi pemberian makan ikan-ikan pada jam sebelas siang. Pemberian makan ini cuma di kolam besar, yang berisi berbagai macam ikan. Padahal yang dinanti adalah pemberian makan ikan hiu, sayangnya di jadwal, ikan hiu baru diberi makan siang, sekitar jam tiga sore, persisnya gw lupa.

Ditambah lagi, ngga ada ikan hiu besar! Aarrrgggghhhh....! Ikan hiunya kecil semua. Perasaan dulu ada deh? Iya ngga sih? 

Sepertinya Mira agak kecewa dengan ukuran si ikan hiu yang ada di seaworld. Ya sudah, karena itu kami mencoba mencari yang lain supaya semangatnya tinggi lagi. Karena dia suka lumba-lumba, maka kami pun memutuskan keluar untuk makan, shalat, dan mencari informasi mengenai pertunjukan lumba-lumba, karena seinget gw dulu ada pertunjukan lumba-lumba.

Alhamdulillah, pertanyaan kami itu pun terjawab di Ocean Dream Samudra, di sana lah kami menemukan pertunjukan lumba-lumba, dan empat pertunjukan lain yang ngga kalah menarik.










Ocean Dream Samudra. Letaknya persis di sebelah seaworld. Setelah makan, langsung lah kami ke sana. Dengan merogoh kocek sebesar Rp 110.000 per orang, kami mendapatkan lima pertunjukan. Kami diberi jadwal pertunjukan, dan setiap pertunjukan itu dalam sehari diputar beberapa kali, jadi kami harus membuat jadwal sendiri supaya setiap pertunjukan tidak tumpang tindih. Setiap pertunjukan berkisar 20 menit. Mungkin bisa dilihat jadwal yang kami gunakan sebagai referensi.

Pentas Underwater Theater                                  12.30
Pentas Singa Laut dan Burung                              13.30
Pentas Lumba-Lumba                                          14.15
Pentas Aneka Satwa                                            14.45
Pentas Scorpion Pirates Water Stuntman              15.15

Baiklah, segitu aja dulu, semoga bermanfaat.


Mama : Ke sini yuk sekarang?
Mira : Itu di bawah ada apa sih *ngga denger mama*
aw pedangnya tajam :p
Keren ya?


0 comments: