Bali

Lagi keasyikan bikin resensi nih, ketagihan karena dapet hadiah dari peri buku, sampe lupa belum update blog tentang liburan ke bali baru-baru ini ^^

Jadi dari tanggal 23 sampe 27 november kemaren, gw berlibur ke pulau dewata, dalam rangka merayakan 3rd anniversary, yang jatuh pada tanggal 24 november. Gw ceritanya ringkas aja ya, soalnya lima hari sih. Ke lombok yang efektif liburannya cuma dua hari aja (pas wiken) gw ceritanya bersambung, apalagi lima hari :p

Jauh sebelum berangkat, kira-kira dua bulan sebelumnya, gw udah pesen tiket PP air asia biar murah, terus booking apartemen yang tipe studio di seminyak, namanya sunset residence condotel, lewat travel agent (supaya lebih murah) purebalitour. Sebulan sebelumnya, gw udah pesen pia legong sama pai susu buat oleh-oleh, juga sewa mobil karimun (udah termasuk supir dan bensin) dari balikresna rent car. Selain itu, gw juga udah bikin plan di sana mau ke mana aja dan beli oleh-oleh cukup di Joger, supaya ngga makan waktu. Bisa dibilang, liburan ini cukup terencana dengan baik deh, baik dari segi rute maupun pengeluaran (biaya ditekan sebisa mungkin, soalnya lima hari bo) :p

Okey, this is the short story!

Selasa, 23/11
Gw berangkat udah meler, apa boleh buat, masa gara-gara sakit terus libur yang terencana ini (baca: udah bayar tiket & apartemen) harus dibatalin? Rugi kan bo :p kuping gw yang biasanya ngga pernah bermasalah kalo naik pesawat, baru kali ini bermasalah gara-gara hidung mampet. Alhamdulillah sampe bali dengan selamat. Dijemput sama supir dari rental mobil, namanya pak wayan, orangnya sopan, tahu jalan, dan tahu tempat-tempat makan. Pak wayan nanya plan kita selama di bali, dan dia kasih masukan tentang rute yang sebaiknya kita ambil, karena plan gw masih berantakan, rutenya masih kacau, ngga searah. Mobilnya juga di upgrade jadi avanza, karena karimunnya hari itu lagi terpakai semua.

Rencana pertama adalah makan di cafe tahu, lokasinya ada dua, tapi gw pilih yang di kerobokan, supaya ngga jauh dari apartemen. Eh, ternyata cafe tahu yang di kerobokan udah tutup. Lihat-lihat catatan, akhirnya pilihan jatuh ke warung italia, yang masih deket situ juga, walaupun sebenarnya dalam plan warung italia ada di hari lain. Eh, ternyata warung italianya juga tutup untuk hari itu aja. Cek-cek catatan lagi, akhirnya pilihan jatuh ke Bali Deli, yang seharusnya dikunjungi hari lain juga. Kacau deh, pikir gw, baru hari pertama plan udah ngga sesuai, hahaha! Di Bali Deli gw sama suami makan nasi campur bali, sedangkan si mira tidur dengan suksesnya. Selesai makan, mira baru bangun, jadi kita pesen lagi buat dia. Apa ya nama menunya? Pokoknya nasi pake ayam sama jamur gitu deh.

Abis makan, check in di apartemen. Namanya bawa anak kecil, jadi ke apartemen rada lama, beres-beres dulu, mandiin anak, sholat. Abis itu baru jalan lagi, ke pantai seminyak, lebih terkenal dengan sebutan pantai double six. Gw, mira, dan suami main-main di pantai, awalnya mira takut, tapi karena ombaknya ngga begitu besar akhirnya dia berani juga lari-larian di pantai sampe basah. Gw juga nonton orang bungee jumping di sana. Malamnya gw makan di goodys, gw pesen sop buntut, uenaak deh! ^^ laki gw pesen sop buntut goreng, mira pesen fish and chips tapi dikasih kuah sop sama pelayannya. Pelayannya pengertian banget deh, namanya anak kecil kan biasanya seneng makanan berkuah, sedangkan fish and chips ngga ada kuah, dan kuah sop buntutnya pedes udah dari sononya, jadi sama dia dikasih kuah sop. Udah gitu si mira kan makannya berantakan buanget, mana kuah sopnya tumpah pas udah kemakan setengah, mereka ngga cemberut sama sekali loh, malah dengan muka simpatik nawarin kuah lagi! Gw sih malu ah kalo minta lagi, jadi gw bilang ngga usah. Ternyata pelayannya itu juga punya anak kecil, jadi dia bilang wajar kalo anak kecil makannya kayak gitu. Dan pelayan yang lain juga ngga menunjukkan muka bete dengan berantakannya salah satu meja mereka.

Selesai makan malam, balik ke apartemen. Bawa anak kecil mah ngga bisa jalan malem, pas makan malam aja udah kriyep-kriyep matanya, ngantuk, hehehe.

Rabu, 24/11
Happy anniversary! This is the day! Dimulai dengan bingung mau sarapan di mana, akhirnya kita jalan-jalan di sekitar apartemen. Ngga nyangka, ternyata ngga jauh dari situ ada cabangnya nasi pedas ibu andika yang di depan joger. Sebenernya dia belum buka, karena lauknya baru ada sambel krecek, abon, ayam suir, tempe orek, sama kulit. Sayurannya belum ada satu pun. Tapi karena daerah situ juga tempat makan belum pada buka, jadi kita cuek aja deh dengan lauk seadanya itu. Gile, pedes ya, kreceknya isinya rawit semua, tapi itu yang bikin uenak dan semangat makan! Gw sama suami makan sambil kedip-kedip mata, mulut mangap, bukan genit tapi kepedesan! Teh botol abis dua! Lah terus mira makan apa coba? Nasi sama abon doang. Kasian deh anak gw, untung sebelumnya pas di apartemen udah makan roti dan biskuit.

Abis sarapan, balik ke apartemen dan siap-siap. Supir udah ngasih kabar kalo dia ngga bisa datang hari ini karena ada acara adat, jadi digantiin sama temennya. Ternyata mobilnya juga ikut ganti, jadi karimun estilo. Yaah, kecewa deh, tapi memang jatahnya dapet ini sih :p supirnya namanya pak nyoman, dan pelayanannya ngga sebagus pak wayan, lagipula dia ngga begitu tahu tempat-tempat makan. Rute pertama adalah ke tegal alang, kesananya sejam lebih, disananya cuma sepuluh menit, foto-foto doang :p apa boleh buat, masa mau trekking? Makan siang di bebek bengil, pesen bebek goreng, duck crispy salad, sama tambahan nasi, buat makan bertiga. Pesen minum yang campuran madu dan jahe, huek, ga doyan gw, enakan juga teh manis anget :p

Abis makan kita jalan-jalan ke monkey forest. Mira seneng banget deh liat “onet”, dan gw baru tau ternyata tempat gw liat-liat ikan lele super jumbo di sana bekas syutingnya julia roberts di film eat, pray, love. *norak* Gw baru nonton filmnya setelah pulang dari bali. *filmnya datar ya*

Seperti biasa abis jalan-jalan balik ke apartemen dulu buat istirahat, solat, dan mandi (mira doang). Sebenernya abis dari monkey forest rutenya ke joger, eh malah lupa -_-‘ Malamnya dinner di Menega, jimbaran. Ngerayain anniversary tempat harus mendukung dong :p. Pesen ikan krapu, udang, kerang, kangkung, sama apa lagi ya? Ngga pesen kepiting, soalnya gw sama suami males “ngeletek-ngeletekin”nya :p dan gw juga ngga begitu doyan kepiting sih. By the way, bener kata orang-orang, menega enak dan murah untuk golongan seafood daerah jimbaran.

Kamis, 25/11
Ternyata supirnya ngga balik ke pak wayan, tetep pak nyoman, i really don’t like him *ga usah diceritain kejelekan layanannya deh, bikin bete* :( sarapan di flapjacks, gw makan pancake, rencananya berdua mira, eh dia ngga doyan, dia malah makanin garlic bread dari piring laki gw. Ya udah gw pesenin aja garlic bread sepiring buat mira :p

Abis itu kita ke tanjung benoa, nemenin suami watersport (emang rencananya nemenin doang, karena gw udah pernah, dan gw tau mira ngga bakal ngebolehin gw jauh-jauh :p). Suami milih watersport yang bisa dilakuin sendiri, jetski, flyfish, dan wake board. Mestinya sama parasailing, sayang kata orangnya anginnya lagi ngga mendukung. Yahh, padahal gw penasaran tuh, laki gw takut ngga di ketinggian, hihihi.

Makan siang di bumbu bali, deket dari situ. Kita beli paket yang satu nampan ditambah seporsi sate bebek, buat makan bertiga. Sate bebeknya enak deh. By the way, harga makanan di bumbu bali lumayan menguras kantong neh :p

Selesai makan udah sore, jadi lanjut ke dreamland. Sayang di sana ombaknya besar, jadi mira ngga mau main di pantai. Mestinya di dreamland ketemu temen-temen deket gw, sayangnya malah selisih jalan karena gw mau ke pantai padang-padang :( Tapi ngga nyesel juga sih, karena walaupun pantai padang-padang kecil, ngga sebagus dreamland, tapi lautnya tenang, jadi mira seneng berenang di sana, main pasir juga.

Rute selanjutnya adalah uluwatu, khusus hari ini ngga pulang dulu ke apartemen karena rutenya searah, kalo pulang dulu ke apartemen jadinya bolak-balik. Jadi kita istirahat dan sholat di mesjid agung ibnu batutah. Di uluwatu, foto-foto tebing dan monyet. Di sini monyetnya lebih galak daripada yang di monkey forest menurut gw. Kita ngga nonton kecak karena takut mira takut *eh gimana bo?*

Abis dari uluwatu balik ke apartemen, rencananya mo mandi dulu baru makan malam di selera kuring. Tapi liat sikon juga, kalo mira udah tidur rencananya suami gw aja yang jalan, beli bungkus. Kata supirnya, selera kuring deket tinggal jalan kaki (sambil nunjuk daerah berlampu-lampu yang kira-kira 100 meter dari apartemen). Ya udah, kita suruh pulang dong tuh si supir. Abis mandi, karena kasian ama mira kalo harus keluar lagi, pergilah suami gw berjalan kaki ke tempat yang tadi ditunjuk buat beli makan malam. Ngga taunya itu bukan selera kuring, bahkan bukan tempat makan! Nah, ngaco kan tuh supir. *kebuka juga satu kesalahannya, soalnya menyangkut cerita makan malam gw sih, dan ini cuma satu dari sekian banyak tingkahnya yang ngeselin* Akhirnya gw pesen makanan yang tersedia di apartemen, gw dan laki gw pesen nasi campur, mira pesen soto daging.

Jumat, 26/11
Supirnya masih dia :( sarapan di nasi pedas ibu andika lagi, padahal belum buka, dan lauknya lebih sedikit dari sebelumnya, baru ada abon dan tempe orek, tapi ngga apa-apalah yang penting isi perut dulu. Rute hari ini ke taman safari. Mira seneng banget di sana, dan gw salut dia berani naik gajah dan ngga nangis ataupun minta turun *i’m so proud of her* ^^

Rencananya makan siang di mak beng, sanur. Sebenernya ngga ada di plan gw, tapi dari hari pertama suami udah nanyain terus, ngidam kali ya? Jadi mak beng gw masukin di hari ini. Sayangnya di taman safari kelamaan, baru selesai setengah dua, dan kita udah dapet info kalo mak beng itu jam dua biasanya udah habis, tapi tetep nekat ke sana, untung-untungan. Ternyata beneran udah abis. Akhirnya rencana diubah, makan di warung satria, deket joger, sekalian ke joger. Di sini ada salah satu insiden lagi tuh sama si supir, yang bikin ilfeel makan siang (untung si mira bawa bekal roti hari ini). Akhirnya ngga jadi nyobain warung satria deh, langsung berburu oleh-oleh di joger aja. Di hari ini banyak tuh insidennya. *haah ya sudahlah du, lupakan sajaa, memang begitu orangnya*

Abis dari joger pulang dulu ke apartemen, sholat, mandiin mira. Terus ngemil somay ama beli cemilan di supermarket yang ada di apartemen. Kenyang juga deh :p Makan malam udah janjian di warung italia, with my best friend ^^ *akhirnya mira ketemu kyan dan synchronizing dengan saling menggebrak meja, hahaha*

Sabtu, 27/11
Time really flies, ngga berasa hari ini udah waktunya pulang. Sebelum pulang, nurutin yang ngidam dulu dong :p akhirnya sarapan di mak beng, sanur. Emang bener sih sop ikannya enak ^^ kalo udah bela-belain dua kali ke sana terus ngga enak, wah bakal kecewa deh gw :p abis sarapan ke kuta, main di pantai sama ke hardrock cafe dan hotel, liat-liat baju *emang liat-liat doank, ngga beli, ngga ada yang nyangkut di hati :p* setelah itu balik ke apartemen, mandi lagi (kuta panas bo!), sholat, dan check out. Abis itu rencananya ngambil pai susu di jalan nangka, tapi ternyata udah diambilin sama temen-temen gw yang udah duluan sampe *thanks girls* jadi kita ketemuan di nasi wardhani aja. Di sana gw pesen nasi campur, mira soto ayam. Seperti biasa, mira makannya ngga manner, jadi dia numpang mandi (siram-siram doang sih, abis makanannya sampe ke rambut segala) dan ganti baju di sana, hahaha....

Abis dari wardhani ke pia legong, ambil pesenan, terus ke bandara deh, check in. Sambil nunggu boarding, santai-santai di starbucks. Setelah itu, welcome to Jakarta! Langsung disambut oleh pagar ayu dan pagar bagus khas jakarta, yaitu macet! Selamat datang dunia nyata! Selamat datang rutinitas! Selamat tinggal liburan! Good bye for now, till we meet again, I hope.

Overall, liburan ini cukup sesuai dengan rencana rute dan pengeluaran. Yang jelas, menyenangkan ^^