Begini caranya upload produk di Tokopedia secara massal!


Belanja online adalah hal yang marak muncul beberapa tahun belakangan ini, dan semakin menjadi tren bagi masyarakat, bukan hanya skala nasional, tapi juga internasional. Bahkan mungkin bukan hanya tren, tapi juga menjadi kebutuhan. Karena itu, para pemilik toko offline kini berlomba memiliki toko online.

Tentunya untuk memiliki toko online ini diperlukan keahlian khusus, namun tidak sulit dilakukan, apalagi di era digital di mana hampir semua hal terpampang di dunia maya.

Salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh pemilik toko online adalah meng-upload produk di toko online miliknya. Lantas, bagaimana kalau seandainya toko ini memiliki ratusan bahkan ribuan produk? Apakah dia harus memasukkannya satu persatu? Atau jika dia perlu mengadakan perubahan harga pada produk-produknya, misalkan diskon besar-besaran, haruskah dia mengedit satu persatu?

Tenang saja, sekarang ini rata-rata e-commerce marketplace menyediakan fitur yang bisa membuat penggunanya meng-upload maupun men-download produknya secara massal. Salah satunya adalah Tokopedia. Ya, Tokopedia merupakan salah satu marketplace ternama di Indonesia, belum lagi kita sering melihat iklannya di media televisi dan internet. Tokopedia menyediakan fitur yang bernama Impor Produk.

Bagaimana caranya? Yuk, kita bahas secara detail.

Pertama-tama, kita klik gambar toko kita, kemudian pilih Daftar Produk.



Setelah itu akan muncul halaman Daftar Produk, yang berisi produk-produk yang sudah pernah kita masukkan sebelumnya. Lalu kita pilih Tambah Sekaligus.



Selelah itu akan muncul window baru seperti di bawah ini, kita pilih Tambah Sekaligus untuk Produk Baru, lalu kita klik pada tombol Download Template. Dari sini kita akan mendapatkan hasil dalam bentuk Microsoft Excel.



Hasil dari Template Microsoft Excel sebagai berikut.



Nah, sampai sini mudah bukan? Kini kita tinggal mengisi data dari template tersebut. Dan jangan khawatir, cara pengisiannya pun sudah diberikan contoh oleh Tokopedia. Ada pada pilihan Contoh Pengisian Template Impor. Kita tinggal mengikuti saja petunjuk dan keterangan yang ada di sana, dan kita isi pada tab Template Impor Produk (new).



Setelah data produk baru selesai dimasukkan, kita tinggal kembali pada langkah-langkah tadi, yaitu klik pada gambar toko, masuk ke Daftar Produk, klik Tambah Sekaligus. Kemudian di sini perbedaannya, kita akan memilih Upload file yang telah diisi, pilih file yang sudah kita edit, lalu klik Upload.

Nah, selamat mencoba ya, semoga berhasil.

0 Response to "Begini caranya upload produk di Tokopedia secara massal!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel