Monday, September 03, 2012

Day-19: Yang malam diurus pagi, yang pagi diurus malam. Eh?


Hari sabtu kemarin ada acara seminar orangtua murid di sekolah anakku. Ada satu hal yang sangat berguna menurutku dan dapat menjadi pembiasaan baru bagiku. Sebenarnya hal ini pernah kulakukan, sekali-sekali, dan tidak sadar bahwa ini bisa dijadikan kebiasaan. Apa itu?

Inillah yang dikatakan pembicaranya, "biasakan urusan pagi diurus malam, dan urusan malam diurus pagi." Maksudnya bagaimana? Sang pembicara mencontohkan begini, untuk urusan sahur, malam sebelum sahur ditanya, anak mau bangun jam berapa, cara banguninnya bagaimana, kalau ngga bangun juga mau diapain, sahurnya mau apa, dan sebagainya. Jadi malam sebelumnya sudah ada perjanjian tentang bagaimana besok pagi. Nah pas sahur nanti tinggal ditagih. Begitu juga misalnya untuk urusan buka.

Nah disinilah pentingnya membiasakan menepati janji pada anak. Sebab, naluri anak adalah meniru orangtua. Kalau orangtuanya membiasakan selalu menepati janji sejak anak itu masih bayi, meski (menurut sebagian orang) mereka belum mengerti. Dan kalau kita biasa begitu, insyaallah anak menepatinya. 

Nah, sekarang ini sedang aku coba praktekkan untuk membiasakan dia bangun pagi, biar sekolahnya ngga telat melulu :p Semoga berhasil. :)

1 comments:

frozen fox said...

wah ini nie calon bapak yang di harapkan selulur keluarga :p
tantangan kreatif blogger Event blogger berhadiah mingguan