Saturday, August 18, 2012

Day-3 (dengan revisi)

Kali ini aku akan membahas mengenai hambatan. Pernahkah kau merasa, ketika menghapal satu surat pendek dalam Al-Quran, ada satu ayat yang rasanya lebih sulit dibanding ayat lainnya? Ayat ini harus dihapal berulang kali lebih banyak dibanding ayat-ayat lainnya. Tapi jika ayat ini telah berhasil dihapal, ayat-ayat berikutnya akan terasa lebih mudah dan satu surat pun berhasil dihapal.

Atau dalam kasus lain, yang terjadi padaku, saat berlatih partitur sebuah lagu, hampir selalu ada bagian yang jauh lebih susah dari bagian yang lain, sehingga bagian itu harus diulang berkali-kali lebih banyak dibanding bagian lainnya sampai tangan ini menguasainya dengan baik. Bagian ini selalu jadi penentu, apakah aku berhasil menguasai lagu ini? Atau aku menyerah dan membiarkan lagu ini "separuh jadi" alias tidak berhasil kukuasai?

Dalam hidup pun, aku merasa ada hal-hal seperti ini. Hampir selalu ada hambatan dalam setiap fase kehidupan, dan apabila kita bersabar melaluinya, fase berikutnya akan terasa jauh lebih mudah. Tinggal pilih, mau berhenti di tengah-tengah dan membiarkannya separuh jadi, atau bersabar melaluinya dan menjadikannya sempurna?

Sampai bertemu di "jurnal sepuluh menit" berikutnya! InsyaAllah besok :)

0 comments: