Friday, August 24, 2012

Day-4

Hari ini aku akan menca membahas tentang air zam-zam. Pernahkah kau membaca tentang penelitian bahwa tumbuhan dan air bisa mendengar? Tumbuhan yang dipuji-puji dan diperdengarkan musik klasik akan tumbuh baik, sedangkan tumbuhan yang dicela-cela dan diperdengarkan dengan musik yang keras seperti musik rock, akan tumbuh dengan lambat bahkan cenderung mati. Air pun begitu, kandungannya akan jauh lebih baik ketika dia mendengar hal-hal yang baik.

Kemudian terpikirkan olehku mengenai air zam-zam, mengapa begitu banyak kesehatan dan kesembuhan dibalik orang-orang yang meminumnya? Mungkin inilah jawabannya, sebab air zam-zam diliputi oleh orang-orang yang beribadah haji dan umroh, orang-orang yang selama di sana selalu membaca quran, memanjatkan doa, menyebut nama Allah, memujinya, memujanya. Tidak ada kata celaan, tidak ada kalimat negatif. Sehingga yang didengar oleh air zam-zam hanyalah kata-kata yang baik saja.

Bagiku, tumbuhan dan air saja yang faktanya baru muncul (sudah lama sih sebenarnya) bahwa mereka bisa mendengar, akan berkembang baik jika diliputi kalimat-kalimat yang baik. Apalagi manusia yang jelas-jelas mendengar. Tentu akan berkembang dengan baik jika manusia ini diliputi kalimat-kalimat yang baik, diperdengarkan ayat-ayat quran, dipuji saat berbuat baik, dinasihati yang baik saat berbuat salah, bukannya dicela, dimaki-maki. Ditambah lagi, Allah tidak cuma memberikan pendengaran pada kita, tapi juga penglihatan, penciuman, dan lisan (betul tidak?). Maka dengan begitu, diri kita akan lebih cepat merespon hal-hal yang baik, sayangnya, begitu juga hal-hal yang buruk. Maka jika ingin diri kita, pasangan kita, anak kita, seluruh keluarga kita berkembang dengan baik, jauhilah hal-hal yang buruk, termasuk di antaranya kata-kata yang buruk.

0 comments: