Wednesday, January 13, 2016

Bagaimana cara agar anak menurut? #Bagian-2

Alhamdulillah, ternyata si Kakak masih anak yang manis dan penurut, dan ibunya tidak melulu berubah jadi MONSTER PEMARAH. Kok bisa begitu? Baca saja di “Bagaimana cara agar anak menurut?#Bagian-1”. Kalau marah-marah melulu takutnya nanti kayak HULK, kalau ngga reda marahnya tetap hijau dan ngga bisa balik lagi jadi manusia, hehehe..

Cara pertama itu juga aku pakai kalau dia mau pinjam handphone untuk lihat youtube. Aku tanya, mau dua atau tiga video? Tentu saja jawabannya tiga video. I knew it! Memang aku sengaja berikan pilihan lebih kecil dari pilihan yang kemungkinan besar dia pilih. Misal kita mau dia nonton cuma tiga video, maka beri pilihan “dua atau tiga video?”, Atau kalau mau dia shalat sepuluh menit lagi maka tanya, “mau shalat lima atau sepuluh menit lagi?”

Oke, cukup untuk kilas balik cara pertama. Sekarang kita masuk ke cara kedua: three yes set. Apa maksudnya? Baca contoh langsung saja ya, cara ini aku pakai kalau mau si Kakak tidak berisik ketika si adik tidur. Begini kira-kira dialognya:

Kakak sayang adik kan? Iya.
Kalau adik lagi tidur terus terbangun kasihan ya? Iya kasihan.
Kakak juga kalau lagi tidur maunya nyenyak kan? Iya maunya nyenyak.

Itulah dialog “three yes”, tiga pertanyaan dengan tiga jawaban “iya”. Now it’s time to set.

Kalau begitu kakak mainnya bisik-bisik ya, atau di dekat TV situ supaya adik tidak bangun.
Oke.

Alhamdulillah, mama HULK tidak berubah. MONSTER PEMARAH berhasil terkurung dengan baik. Adik bobo, kakak main, mama nge-blog. Hehehe, happy ending.


0 comments: