Friday, September 07, 2012

Day-25: Renggangnya shaf wanita di masjid


Setiap bulan ramadhan, masjid biasanya lebih ramai dari biasanya, karena umat muslim banyak yang menunaikan ibadah shalat tarawih berjamaah, tak terkecuali para wanitanya. Sayang sekali, entah mengapa mayoritas jamaah wanita pada enggan membentuk shaf yang rapat, malah pada membuat jarak, belum lagi ditambah sajadah-sajadah lebar yang bisa muat dua orang kalau saja rapat.

Aku sendiri mengalaminya, sulit sekali mengajak orang berdempet saat shalat, paling-paling cuma geser dikit doang, gimana mau kelingking ketemu kelingking kalau sajadahnya saja lebih lebar dari jarak bahu ke bahu, bisa-bisa harus berdiri ngangkang maksimal baru bisa rapat shafnya.

Padahal kalau ngga salah dalam satu hadits (maklum hapalanku masih rada-rada), Allah menyukai hamba yang shalat berjamaah dengan rapat, laksana bangunan yang kokoh. Gimana mau kokoh kalau berdirinya jarang-jarang? Yang ada juga bolong-bolong kayak bangunan dimakan rayap. Kalau ngga salah lagi, ada juga yang mengatakan (ngga tau hadits atau bukan), kalau bolongnya shaf itu akan diisi oleh syaithan. Gimana mau khusyuk shalatnya kalau kiri kanan diisi syaithan?

Yang biasa kutemukan, justru ibu-ibu yang mengajak untuk merapatkan shaf malah ngga dipedulikan sama yang lain, pura-pura ngga denger, atau melirik tanda malas, atau malah dianggap seakan, "duh, rese banget sih nih ibu, terserah gw dong mau duduk dimana".

Satu lagi, setahuku, sebaik-baik wanita adalah yang jamaahnya paling jauh dari shaf laki-laki. Jadi menurutku, pendapat yang selama ini mengajak wanita untuk mengisi shaf paling depan itu kurang tepat. Harusnya diisi dari yang paling belakang baru ke depan. Dan tidak lupa, shafnya RAPAT!

Pernah merasakannya? Kalau punya cara yang jitu, mohon dibagi dong caranya. Atau bagi yang biasa jadi imam atau penceramah, sekedar masukan aja, kajian awal ramadhan diisi dengan pentingnya merapatkan shaf, dan setiap mau mulai shalat mohon diingatkan ibu-ibunya agar merapatkan shaf.

Wallahu a'lam.

0 comments: