Thursday, August 14, 2008

Seberapa besar pengaruh lingkungan kerjamu?

Lingkungan kerja, bagiku adalah salah satu faktor penentu betah atau tidaknya aku bekerja di suatu perusahaan. Teman-teman kerja yang menyenangkan, tim kerja yang kompak, hal-hal itu akan menjadi hal yang membuat aku senang datang ke kantor.

Apa sih definisi menyenangkan? Menurutku ini subyektif, tergantung masing-masing orang. Kalo untukku adalah yang enak diajak ngobrol dan asik diajak bercanda. Dua hal itu juga subyektif, tergantung selera orang masing-masing. Bukan hanya memilih pasangan, memilih teman juga cocok-cocokan. Memang, ketika kita berkenalan dengan seseorang, orang itu seketikan menjadi teman kita. Tapi apakah nantinya kita jadi sering ngobrol dengan dia, sering bercanda dengan dia, dan sebagainya, itu tergantung dari apakah kita merasa cocok dengan dia atau ngga. Ya kan?

Sekarang coba bayangin, misalnya dalam pekerjaan, gaji dan jenis pekerjaan (job desc) kamu lumayan (Dua faktor ini juga penting menurutku). Gaji lumayan tau lah ya maksudnya, tapi kalo yang aku maksud dengan jenis kerjaan lumayan, maksudnya lumayan bikin stress, hehehe…. Back to topic, udah gitu tim kerja kamu orang-orangnya serius, atau mungkin ga cocok aja sama kamu, misalkan bahan omongannya ga cocok, jenis bercandaannya ga cocok, dan sebagainya, dan sebagainya. Apa ngga nambah stress tuh?

Kalo misalkan tim kerjanya asik, menyenangkan, kan paling ngga bisa nurunin stress. Jadi kerja sambil ngobrol, ketawa-ketawa, kerjaan juga cepet selesai. Kerjaannya aja udah bikin stress, masa lingkungannya juga sih?

Eits, eits, tunggu, aku nih lagi ngomongin apa sih? Apakah ini curhat colongan? Yah, nilai sendiri deh…. Ada ide ngga gimana caranya menghibur diri untuk ngurangin stress? Lumayan, siapa tau berguna buat yang baca. Anggap yang minta ide ini adalah seseorang dengan pekerjaan lumayan padat sehingga ngga ada waktu buat browsing-browsing ataupun main game :)

2 comments:

Ari said...

Coba deh seksli-sekali bocorin bannya manager mbak yang paling jutek, atawa gaya saya waktu sekolah dulu, taruh semut rangrang dibawah kursi temen yang paling rese'

Note: cara diatas cuma berhasil pada orang2 yg berselera humor kebangetan:)

Tukeranlink said...

Begini Non yang cakep, lingkungan kerja bisa diciptakan kok.
Anggap aja yang jutek itu sebagai tantangan. Khayalkan bahwa di balik jutek mereka, sesungguhnya mereka sangat perhatian ama kita.
Kalo kita benar2 menanamkan peduli ama lingkungan sekitar kita, niscaya auranya akan memancar dan menular ke yang lain.
Ngurangin stress?
Minta pacar sebagai sasaran tinju.
He he he...
Baca comment saya jadi makin stress ya?
Hiks hiks hiks.....
Sorry banget deh kalo iya.
Hiks hiks hiks.....
Padahal saya pengen menghibur loh.
Swear kewer kewer deh.
Hiks hiks hiks.....
(Bagi tisu donk)