Sunday, January 31, 2016

Memposting 365 tulisan di blog dalam setahun, program ambisius kah? Ini dia 4 langkah rahasianya.

Posting 365 tulisan dalam setahun, berarti setiap hari satu tulisan dong? Iya. Ada yang punya resolusi kayak begini? Kalau ada, sama dong.... Ambisius ngga? Entahlah, tergantung bagaimana memandangnya. Tapi yang jelas, ada proses yang perlu dilalui dalam mengerjakannya. Di sini aku mau coba berbagi tips menulis setiap hari berdasarkan pengalaman pribadi:

1.       Tema
Biarpun terdengar basi, tapi tema memang penting. Kalau blognya udah punya tema mungkin enak, kayak misalnya blog fotografi, blog resep makanan, blog fashion, blog travelling, dan masih banyak lagi. Lah terus kalo isi blognya masih acak adut, campur aduk, kayak punya aku gini gimana?
Lihat rata-rata isi blog kamu apa, bikin kategori yang jelas untuk setiap hari. Misal kalo aku senin puisi, selasa hobi, rabu parenting atau cerpen, kamis hal-hal yang bikin berpikir atau introspeksi diri, jumat hal-hal yang aku baru tahu, sabtu “quotes of the day”, dan minggu tema bebas alias boleh isi apa aja.

2.       Tulis ide kapan pun ide itu muncul
Ide muncul bisa kapan saja, saat kita makan, saat nonton tv, saat lagi baca, bahkan di kamar mandi. Saat ide itu muncul, kadang kita yang lebih suka menunda untuk menuangkan ide itu, dengan alasan “lagi ngga buka laptop”. Padahal saat ide itu muncul seharusnya cepat-cepat tuliskan, bisa di kertas, buku, handphone, atau bahkan di tissue, seperti J.K. Rowling saat mendapat ide tentang Harry Potter ketika dia berada dalam kereta menuju London. Jadi sekali lagi, tulis ide kapan pun ide itu muncul.

3.       Gunakan fitur schedule (bagi pengguna blogspot)
Ini salah satu fitur yang ada di blogspot, kalau di selain blogspot ada ngga ya? Apa keuntungan fitur schedule ini? Begini, terkadang dalam sehari kita bisa kebanjiran ide, misalkan sehari kita bisa dapat sepuluh tulisan. Tapi kemudian seminggu miskin ide, mentok, ngga tahu mau nulis apa. Nah, saat kebanjiran ide itu, kita jadwalkan tulisan kita itu untuk sepuluh hari ke depan, supaya blog kita rapi, posting sehari sekali, bukannya sehari sepuluh, tapi habis itu seminggu kosong.

4.       Konsisten
Ini yang paling penting. Menjaga konsisten, komitmen, istiqomah. Apapun istilahnya, konsisten itu perlu agar kita bisa sampai ke tujuan. Salah satu cara menjaga konsistensi adalah dengan menggunakan mood booster seperti yang aku bahas sebelumnya.


Nah itu dia empat tips yang aku pake. Aku sendiri masih berjuang dalam program ini. Kalau di luar sana ada yang sama kayak aku, yuk semangat! Semoga berhasil!

2 comments:

Gen Jutsu said...

Waduuh.. Malah saya gk kepikiran tuh target kaya gitu.

Tapi kayanya seru dan harus bener2 muter otak kalau satu hari satu tulisan.
Semoga berhasil aja deh. Semangat!!!

nalanda catumorli said...

Hehe iya bnr muter otak.. makasih udh mampir..