Harga masker naik di Indonesia


Banyak orang memakai masker mulut ketika sedang batuk ataupun sedang keluar rumah, terutama pengendara motor, untuk menghindari polusi. Tapi sebenarnya, perlukah kita memakai masker? Kenapa harus pakai masker? Apa sebenarnya manfaat masker? Mungkin pernah bertanya-tanya tentang hal itu di benak kalian, apalagi dengan maraknya berita mengenai virus corona.

Menurut situs alodokter, ada beberapa alasan mengapa kita perlu menggunakan masker mulut yaitu, menghindari paparan polusi udara, mencegah penularan dan penyebaran penyakit, dan melindungi wajah dari efek negatif. Nah, dari sini jadi tahu kan alasan dan kapan waktu yang tepat untuk menggunakan masker?
Sumber: shopee.co.id

Aku sendiri menggunakan masker saat melakukan pekerjaan yang kira-kira berhubungan dengan debu, seperti membersihkan lemari atau jendela, membereskan atau mengambil barang dari gudang, atau pernah juga saat batuk atau pilek yang agak parah, sering bersin, agar tidak menularkan yang lain.

Karena pemakaiannya yang tidak rutin, maka aku menyimpan 1 box masker sekali pakai di rumah, harganya juga masih terjangkau, sekitar tiga puluh ribuan untuk satu box berisi 50 buah masker. Beberapa waktu yang lalu, persediaan masker di rumah hampir habis dan waktunya membeli satu box lagi masker.

Tapi apa yang terjadi ketika maraknya berita tentang virus corona merebak dimana-mana? Harga masker melonjak naik! Aku tidak tahu apakah memang persediaannya sedikit akibat kebutuhan masker sedang meningkat, ataukah pemilik toko yang semena-mena menaikkan harga masker karena sedang naik daun dan dicari orang?

Lalu aku pun browsing, dan menemukan berita di jepang justru harga masker turun atau bahkan gratis? Aku lupa, dan sayang sekali aku tidak menyimpan tautannya. Yang aku ingat, ada kalimat di atas masker-masker itu yang kurang lebih artinya, jangan bersenang-senang di atas penderitaan orang lain. Jadi jangan mumpung orang banyak cari masker, harganya melonjak berkali-kali lipat.

Sementara di Indonesia, berapa harga satu box masker ketika berita virus corona dimana-mana? Dua ratus lima puluh ribu, di apotek dekat rumahku, di Jakarta. Akhirnya, tidak jadi beli. Menunggu harganya turun dan berharap harganya normal kembali.

Sekarang, saat menulis blog ini, aku pun mencoba mencari kembali harga masker di Indonesia, alhamdulillah, harganya sudah turun kembali mendekati normal, di kisaran lima puluh ribu rupiah.  Tapi ternyata, pas di klik link-nya, stok habis. Yang masih ada stok yang mahal-mahal. Yuk, mari kita berdoa semoga harga masker kembali normal. Ada sih yang lumayan, masih di bawah seratus ribu, semoga kualitasnya bagus. Mungkin aku mau beli masker yang di bawah seratus ribu ini, buat stok 😊

0 Response to "Harga masker naik di Indonesia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel